March 25, 2019
  • 8:59 am Mengenal Olah Raga Bridge, Apa sih itu?
  • 8:53 am Bakar Lemak dengan Olahraga Kardio
  • 8:28 am Cara Menurunkan Berat Badan
olah raga bridge

Halo guys kembali lagi. Kali ini seperti biasa kita akan membahas hal-hal yang berguna dan pastinya dikhawatirkan oleh segala umat. Masih dengan topik yang selalu menjadi perbincangan masyarakat saat ini, tak ada salahnya jika kita membahas tentang olahraga. Namun kali ini bukan sembarang olahraga loh. Bridge, siapa yang familiar dengan nama olahraga yang satu ini? Atau bahkan teman-teman sudah sering memainkannya? Ternyata meskipun sudah booming masih banyak yang tidak tahu mengenai Bridge ini loh. Baiklah, kali ini kita akan membahs olahraga otak ini. Bahasan kali ini seputar olahraga Bridge di Indonesia dan peralatan olahraga bridge. Nah bagaimana sudah penasaran? Kalau sudah segera merapat dan jangan lupa siapkan makanan pendamping, eh cie pendamping hehe dan minuman agar semakin semangat dalam menyimak artikelnya.

Bridge merupakan permainan kartu yang dikenalkan oleh Ely Culbertson di USA pada tahun 1920.  Di Indonesia sendiri olahraga ini sudah banyak di pertandingkan dalam tingkat Nasional maupun Internasional. Selain itu Di Indonesia sendiri olahraga bridge sudah banyak turnamen turnamen bridge dari berbagai regional, nasional, dan internasional. Olahraga Bridge sudah ada sejak tahun 1970-an dengan adanya GABSI, bridge mulai dilombakan di PON(pekan olahraga nasional) XVII di kaltim.

 

Lalu peralatan apa saja sih yang diperlukan untuk bisa memulai permainan ini?

·         Olahraga Bridge  secara umum dimainkan oleh 4 orang secara berpasangan

·         Setiap partner duduk berseberangan dalam 1 meja

·         Permainan berjalan sesuai arah jarum jam.

·         Menggunakan 52 kartu standard dibagi rata kepada 4 pemain dengan masing-masing memegang 13 kartu.

·         Komunikasi yang digunakan adalah  bidding (bahasa untuk menunjukkan pegangan kartu kita)

Baca Juga :  Cara Menurunkan Berat Badan

Jadi tentunya yang dibutuhkan untuk bisa memainkan olahraga ini yaitu lawan, kartu dan meja secara umumnya. Secara permainan, olahraga bridge Indonesia menggunakan alat utama berupa satu set kartu yang populer disebut kartu remi. Ada 52 lembar yang terbagi dalam empat warna, dimulai warnah terlemah, Club (C) atau keriting. Kemudian, Diamond (D) atau wajik, Heart (H) hati, dan warna terkuat Spade (S) atau daun.

Masing-masing pemain akan mendapat 13 kartu. Kartu As merupakan nilai paling besar, diikuti King, Quenn, dan Jack. Empat pemain tersebut nantinya akan duduk di arah timur satu tim dengan pemain yang duduk di arah barat.

Lalu kenapa permainan ini disebut dengan olahraga? Padahal tidak memerlukan otot bahkan hanya duduk dan bermain kartu? Banyak dari orang-orang bertanya-tanya karena kurangnya informasi mengenai olahraga ini.

Sama halnya dengan catur, bridge mengandalkan otak dan berfikir startaegi untuk menggerakkan kartunya. Ini merupakan olahraga otak ya guys. jadi meskipun otot tidak begtiu bergerak namun otak bekerja cukup dan bisa menimbulkan lelah loh. Jangan remehkan olahraga yang satu ini loh karena saat ini sudah banyak dipelajari dan diburu untuk mendapatkan kejuaraan. Nah bagi kalian yang kurang bisa olahraga menggunakan otot dengan alasan tidak kuat atau fisik yang kurang mumpuni bisa sekali mencoba olahraga ini.

olah raga bridge

Nah bagaimana? Tertarik dengan permainan yang satu ini? Boleh banget, selain bisa untuk refreshing tentunya oke banget apalagi refreshing dalam bentuk yang bermanfaat dan tentunya bisa sekaligus untuk melatih otak dan menambah kinerja otak agar lebih terasah dan produktif tentunya. Jadi kapan mau mencobanya?

Fadhli

RELATED ARTICLES